UPS

Apa itu UPS (Uninterruptible Power Supply) ?

Definisi UPS (Uninterruptible Power Supply) dari thefreedictionary merupakan sebuah perangkat yang menyediakan baterai cadangan ketika daya listrik gagal atau tetes ke tingkat tegangan yang tidak dapat diterima. Sistem UPS yang kecil menyediakan daya untuk beberapa menit, cukup untuk mematikan komputer secara normal, sementara sistem yang lebih besar memiliki baterai yang cukup selama beberapa jam. Dalam misi kritis pusat data, sistem UPS yang digunakan hanya beberapa menit sampai generator listrik mengambil alih.

 Fungsi dan kegunaan UPS adalah untuk menjaga supply listrik tetap terjaga dalam durasi waktu tertentu (bisa 1-3 jam) disaat sumber listrik utama (PLN) mati, Karena memang sesuai dengan namanya juga  yaitu Uninterruptible Power Supply.

Didalam sebuah UPS terdapat Rectifier yang fungsinya untuk mengecharger battery/accu UPS, besarnya tergantung dari specifikasi UPS tetapi rata rata hanya 1 A karena memang accu UPS Ahnya kecil sekitar 5-7Ah tergantung specifikasi UPS.

Umur battery UPS tergantung dari kualitas UPS nya juga karena ada yang hanya bertahan 1 tahun tetapi adapula yang bertahan hingga 9 tahun, tetapi kembali lagi harga memang berbanding lurus dengan kualitas jadi kalo harga UPS hanya sekitar 300 ribuan susah untuk berharap banyak kecuali hanya sekedar memback up data sebelum computer mati.

Didalam UPS juga terdapat inverter yang berfungsi untuk merubah arus accu UPS menjadi arus listrik PLN. dan didalam UPS juga terdapat battery/accu yang fungsinya sebagai sumber tenaganya. mengapa UPS hanya bertahan selam 15menit saja?karena Ah dalam UPS cuma 5-7Ah itu ukuran accu motor saja jadinya cuma sebentar kecuali anda memodifikasi UPS agar bisa menggunakan accu mobil guna memperpanjang lama waktu back up.

 Sumber: http://www.falihuddinul.com/definisi-definisi-ups-uninterruptible-power-supply.html

http://www.falihuddinul.com/definisi-definisi-ups-uninterruptible-power-supply.html 

 Kinca Sri Pawedar Nalibrata, 14, 9C

0 komentar:

Posting Komentar